KURSUS TRISTAR
Jalan Raya Jemursari No 244 Surabaya
Telp : 031-8418404, WA : 081234506352

Pages

Perm. Prapen Indah Blok J5

Senin, 08 Agustus 2016

Peserta Diajarkan Teknik Memasak Bebek Sinjay, Bebek Panggang Ungkep dan Bebek Ireng Suroboyo + Sambalnya

Kursus Masak Aneka Bebek Bersama Chef Haris Suseno
Awalid9
Peserta Diajarkan Teknik Memasak Bebek Sinjay, Bebek Panggang Ungkep dan Bebek Ireng Suroboyo + Sambalnya
KESIBUKAN Laboratorium Praktik Tristar Instiutte Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya  di lantai 2, kembali menggeliat pada Rabu (03/08/2016) siang hingga sore hari, untuk menghelat kursus masak aneka bebek lengkap dengan sambelannya.

 
Siang itu hadir delapan peserta pelatihan masak, yakni Novita Rachmawati dan Priyanto (datang dari Bogor), Christian Tanaya (Madiun), Kristina (Tulungagung),  Badruddin (Kudus), Bawanti Setianingsih (Gresik), Anik Yulianing Tyas dan Ade (keduanya dari Surabaya).
Mereka antusias mengikuti kursus masak Bebek Sinjay, Bebek Panggang Ukep dan Bebek Ireng Suroboyo + Sambalnya, yang dibimbing langsung oleh chef Haris Suseno dan asistennya Amrozy.
Sebelum peserta datang, Rosi, sapaan akrab Amrozy, sudah prepare untuk menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu untuk memasak Bebek Sinjay, Bebek Panggang Ukep dan Bebek Ireng Suroboyo + Sambalnya. Juga menyiapkan berbagai peralatan masak termasuk food processor dan blender untuk memroses pembuatan bumbunya.
Kepada peserta pelatihan, chef  Haris Suseno, instruktur masak dari Tristar Institute, menjelaskan berbagai bahan dan bumbu-bumbu untuk memasak Bebek Sinjay, Bebek Panggang Ukep dan Bebek Ireng Suroboyo + Sambalnya, dari A sampai Z.
Sistem pengajaran langsung praktik dengan dipandu chef Haris Suseno di dampingi asistennya merupakan nilai plus bagi peserta untuk cepat menyerap ilmu yang diajarkan oleh ahlinya. 
Bahan untuk membuat Bebek Ireng Suroboyo meliputi bebek, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabe merah besar, gula merah, asam jawa matang, merica hitam, kunir, jahe, serei, laos, keluwek, daun jeruk, garam, vetcin, jinten, air kelapa, minyak untuk menumis, terasi udang dan nanas.
Cara membuatnya: (1). Bersihkan bebek dan potong menjadi beberapa bagian lalu rendam dalam nanas yang telah dihaluskan kira-kira satu jam agar bau amisnya hilang, (2). Timbang semua bumbu lalu dihaluskan kecuali serei dan tumis hingga matang, kemudian tambah air kelapa dan air biasa, (3). Setelah direndam, rebus bebek dengan air secukupnya dengan bumbu hingga mendidih, (4). Setelah matang (daging empuk) biarkan bebek dalam panic, (5). Lalu goreng bebek tersebut dan sajikan.
Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sambal Bebek Ireng adalah cabe rawit hijau, cabe hijau besar, bawang putih, gula pasir, terasi, tomat hijau matang, garam dan vetcin.
Cara membuatnya: (1). Bakar terasi udang lalu sisihkan, (2). Kukus semua bahan hingga matang (layu, lalu haluskan beserta terasinya, (3). Panaskan minyak tumis sambal hingga matang, dan (4). Kemudian sajikan.
Resep berikutnya adalah membuat Bebek Sinjay. Bahan yang dibutuhkan antara lain bebek, bawang putih, kemiri, ketumbar (sangria lebih dulu), merica, cabe rawit, garam, vetcin, kunir, jahe, laos, gula, daun jeruk dan air.
Sedangkan cara pembuatannya: (1). Goreng kemiri, tiriskan kemudian cincang halus dan sisihkan, (2). Timbang seluruh bahan sesuai ukuran, giling bahan sampai halus (kecuali daun jeruk), (3).  Susun daging bebek dalam panci, rendam dengan bumbu yang sudah dihaluskan selama dua jam, simpan dalam chiller.
Selanjutnya (4). Kemudian presto daging bebek beserta bumbunya, selama 25 menit, (5). Setelah matang biarkan daging bebek dalam panci kurang lebih satu jam, angkat dan tiriskan, (6). Rebus kembali sisa bumbunya, masukkan kemiri cincang, masak hingga air bumbu menyusut, saring bumbunya kemudian goreng hingga kering, lalu tiriskan, (7). Goreng bebek hingga matang, taburi dengan bumbu yang sudah digoreng (kremesan) dan sajikan.
Resep pamungkas yang diajarkan chef Haris Suseno adalah membuat Bebak Panggang Ukep. Bahan yang dibutuhkan meliputi bebek, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica bubuk, jinten, garam, vetcin, kunir, jahe, laos, gula merah, kapulaga, daun jeruk, terasi udang, air kelapa, jeruk nipis atau asam jawa, dan buah nanas muda.
Cara membuatnya: (1). Timbang seluruh bahan lalu haluskan dengan air kelapa kecuali kapulaga, (2). Potong bebek sesuai selera lalu rendam dengan nanas selama beberapa saat, (3). Tumis bumbu halus hingga harum baunya, tambahkan sedikit air, lalu masukkan bebek masak dengan api kecil hingga matang.
Selanjutnya (4). Setelah matang (dagingnya empuk) biarkan bebek dalam panci sekitar satu jam, angka dan tiriskan, (5) Bebek siap dibakar (dipanggang), kemudian sajikan. Selamat mencoba…!
Kepada kru www.culinarynews.info, Novita Rachmawati dan Priyanto (suaminya) jauh-jauh datang dari Bogor, memang sudah diniatkan untuk belajar masak aneka bebek berikut sambelannya kepada ahlinya yakni chef-chef dari Tristar Institute cq Akpar Majapahit Surabaya.
"Pelatihan masak ini kami tujukan untuk menambah variasi menu di rumah makan yang kami kelola bersama suami. Pasalnya tidak sedikit pelanggan yang tanya menu bebek lengkap dengan sambalnya. Selama ini kami hanya menyediakan ayam bakar, ayam goreng dan ayam kremes,” tutur Bu Rachma, sapaan akrabnya.
Nah, Anda tertarik dengan pelatihan masak di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, silakan menghubungi Sdri. Fembri, Puput dan Yarin dari Divisi Front Office (FO) Akpar Majapahit (031) 8433224-5, HP 0817321024, BB 2B4E0E95, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar