KURSUS TRISTAR
Jalan Raya Jemursari No 244 Surabaya
Telp : 031-8418404, WA : 081234506352

Pages

Perm. Prapen Indah Blok J5

Selasa, 16 Februari 2016

Endang Triwahyuni, Gadis Banjar yang Bermimpi Jadi Juragan Bakso - Kursus Private Rumah Bakso Tiga Hari di TCI



Endang Triwahyuni, Gadis Banjar yang Bermimpi Jadi Juragan Bakso

Kursus Private Rumah Bakso Tiga Hari di TCI  

TEKAD kuat untuk mewujudkan mimpi menjadi juragan bakso ditunjukkan oleh Endang Triwahyuni (24), gadis asal Banjarmasin yang mengambil kursus private Rumah Bakso selama tiga hari di Tristar Culinary Institute (TCI) Surabaya, mulai Selasa (10/3)-Kamis (13/3) lalu.

Untuk mewujudkan mimpi itu jadi kenyataan, Endang, demikian sapaan karib anak keempat dari lima bersaudara tersebut –atas restu kedua orangrtuanya— memutuskan berangkat ke Surabaya demi memperdalam cara membuat aneka bakso berikut kuahnya di TCI Jl Raya Jemursari 234 Surabaya.

Keputusan bulat untuk terbang ke Surabaya belajar masak aneka bakso dilakoninya setelah dirinya lulus kuliah S1 jurusan Keperawatan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 2013 silam. Ketertarikannya pada dunia kuliner dimulai dari hobinya membuat kue dan suka makan (bakso), makanya begitu dia searching internet ada lembaga kursus yang mengajarkan paket pelatihan Rumah Bakso secara private, maka wanita berjilbab ini mendaftarkan diri.


Meskipun dari aspek biaya kursusnya sendiri boleh dibilang tidak murah karena dipatok Rp 2,25 jutaan, pihaknya tak terlalu memasalahkan, senyampang impiannya menjadi juragan bakso bisa terwujud. ”Pasalnya peluang buka usaha bakso di Banjarmasin boleh dikatakan masih terbuka luas, apalagi bakso itu kalau peminatnya cukup banyak mulai anak-anak sampai orang dewasa,” tuturnya terus terang.

Selama kursus private Rumah Bakso di TCI, Endang Triwahyuni dibimbing instruktur senior yakni chef R Bagus Handoko. Pada hari pertama, ia diajarkan membuat bakso isi kelapa muda, bakso isi coklat, bakso isi keju dan jeroan lengkaap dengan resep manjur membuat kuah bakso yang bikin lidah bergoyang.

Sedangkan pada hari kedua, ia diajarkan cara membuat sate bakso aneka bumbu, steak bakso, burger bakso dan aneka bentuk bakso cetak. Padaa hari terakhir, chef R Bagus Handoko bagi ilmu seputar cara membuat nugget bakso, galatine
bakso (rolade bakso), siomay bakso, cordon blue bakso, bakso bakar bumbu rujak yang dibuat seperti paha ayam.


Menurut chef Bagus, demikian sapaan akrab R Bagus Handoko, bakso yang dikreasi merupakan tuntutan pasar demi menyiasati ketatnya persaingan antarpebisnis bakso baik di Jawa maupun luar Jawa termasuk Kalimantan. Jadi pelaku usaha bakso yang baru meristis bisnis ini sulit untuk mungkin bersaing dengan pemain lama kalau sekadar menjajakan bakso ala kadarnya.

”Untuk itu jika usaha Anda ingin survive, kami sarankan bikinlah bakso yang bebas boraks, food grade dengan pendekatan quality is number one. Harga per porsinya tentunya tidak murah tetapi dibuat kompetitif untuk ukuran harga bakso di Banjarmasin, misalnya Rp 25.000-Rp 30.000 per porsi,” ujar chef Bagus Handoko ketika berdiskusi dengan Endang Triwahyuni, disela memberi materi pelatihan tersebut.

Untuk mencapai tingkat food grade, tentunya harus memakai daging sapi, daging ayam dan kombinasi daging sapi dan daging ayam baik agar baksonya kenyal. Untuk membuat bakso yang kenyal, Anda bisa menggunakan Isolate Soya Protein (ISP) dan Sodium Tripolyphosphate (STPP) yang tersedia di Toko 9 (toko bakan kue dan masakan yang masih satu kelompok dengan jaringan usaha TCI).

”Jadi Anda enggak usah bingung cari ISP dan STPP di mana. Setelah kembali ke Banjarmasin, Anda cukup telpon ke TCI barang yang Anda pesan langsung dikirim ke alamat pemesan koq,” kata chef Bagus Handoko memastikan layanan Toko 9 yang bisa mengirim pesanan konsumen sampai luar Jawa.

Selain itu, untuk daya menarik konsumen datang ke Rumah Bakso, chef Bagus juga memberi saran agar Endang Triwahyuni memdidik chef yunior untuk demo buat bakso langsung di depan pengunjung. ”Kalau ini bisa diwujudkan, tentu akan beda dengan pedagang bakso lainnya. Ini bakal jadi trend setter di Banjarmasin,” ujarnya lagi.

Dari berbagai saran tersebut, Endang Triwahyuni menilai masukan positif itu sebagai bagian dari pembelajaran yang konstruktif demi mewujudkan cita-citanya menjadi uragan bakso yang cukup disegani di Banjarmasin. 

Karena itulah, sekembalinya dari kursus private ini, dirinya sudah membuat perencanaan bikin rumah bakso skala rumahan dulu dengan kapasitas 100-200 orang perhari. Modal awalnya kira-kira Rp 25 jutaan.

”Untuk hari biasa, kami targetkan bisa melayani 100-an pembeli, sedangkan pada long week end, bisa melayani 200-an pembeli. Harga per porsinya, kalau bakso biasa Rp 15.000-an, sedangkan porsi yang istimewa dipatok sekitar Rp 27.000-Rp 30.000,” terang Endang.


Sementara itu untuk jangka menengah dan panjang, pihaknya akan menyewa ruko dengan modal awal Rp 100 jutaan. Rumah bakso itu nantinya akan mempekerjakan enam orang, dengan dibagi dalam dua shift kerja. ”Saya optimistis bisnis yang akan kami rintis ini bakal memiliki prospek cerah jika dikelola secara professional dengan menjaga mutu produk dan layanan ke konsumen. Tekad kami adalah dream come true,” pungkasnya, seraya tersenyum manis. (ahn)

Info lebih lanjut hubungi atau datang di:
Ø Ruko Royal Serpong Serpong Village (WTC – Matahari)
Jl. Raya Boulevard No. 802 & 901 Serpong - Tangerang
Telp 0813 1823 0199 ; 0812 3107 1701 ; 0856 9377 4515 ; 021-53155487
atau Pin 2AEB02F6

Ø Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-33 Serpong – Tangerang
Telp 021-53151389

Ø Kursus Wirausaha Surabaya
- Perm. Prapen Indah Blok J5 Surabaya
- Raya Rungkut Mapan Blok FA 3
- Ruko Panjang Jiwo Permai, Blok AB
Telp: 031-8438839, 081234506352, 085731051010
Pin BB : 539A64B6
WA : 081234506352

Website: www.kursustristar.com

1 komentar:

  1. Tersedia guru dalam jumlah amat banyak (tutor privat Banjar). Ulasan nyata dan harga tepat. Pilih tutor sekarang, guru privat bahasa asing https://preply.com/id/Banjar/guru

    BalasHapus