KURSUS TRISTAR
Jalan Raya Jemursari No 244 Surabaya
Telp : 031-8418404, WA : 081234506352

Pages

Perm. Prapen Indah Blok J5

Selasa, 16 Februari 2016

TCI Dipercaya Disperindang Sulsel Gelar Pelatihan Electroplating di Makassar


Tristar Institute Gelar Pelatihan Electroplating di Makassar.
Info Pelatihan: 
Tristar Institute 
Telp: 031-8480823. 081295743779, 082330853725.
Flexy : 03181639991 - PIN BB: 276A8882

UPAYA Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggerakkan ekonomi daerah adalah membekali pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang sekarang jumlahnya mencapai ribuan.Untuk bisa berkiprah lebih lanjut, pelaku UMKM perlu dibekali pengetahuan praktis guna menangkap peluang usaha yang masih terbuka lebar di sana.

Salah satu solusinya adalah menghelat pelatihan electroplating. Pemda setempat melalui Disperindag Sulsel menggadeng pihak Tristar Institute –jaringan usaha Matoa Holding-- yang berkantor pusat di Jl Jemursari 244 Surabaya untuk meng-handle pelatihan tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan pada 27-28 Desember 2014 lalu diikuti 20 orang peserta. Mereka yang menjadi peserta pelatihan electroplating ini adalah mitra binaan Disperindag Sulsel. Para pelaku UMKM itu dihadirkan dari sejumlah daerah di Provinsi Sulsel.

”Pelatihan ini bertujuan memberi bekal ketrampilan seputar praktik pelapisan logam dijadikan logam mulia yang bernilai ekonomi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu dengan dikrom maka penampilan logam itu lebih mengkilap dan kelihatan ngejreng. Produk hasil pelapisan logam ini banyak dijumpai pada aneka produk asesoris mobil dan dekoratif motor,” kata Ali Fakih, asisten instruktur pelatihan electroplating dari  Tristar Institute Surabaya di kantornya, Selasa (6/1/2015).

Untuk melancarkan agenda pelatihan di Makassar tereebut, pihak Tristar Institute lebih dulu mengapalkan semua bahan dan peralatan pelatihan seminggu sebelum hari H, 27 Desember 2014, sedangkan tim dari  Tristar Institute yang terdiri dari Andik Purwoko (instruktur) dan Ali Fakih (asisten) baru bertolak ke Makassar 27 Desember 2014.

Tim dari Tristar Institute memastikan berangkat ke Makassar setelah para pihak yakni pihak Disperindag Sulses dan pihak Tristar Institute cq Akpar Majapahit menandatangani naskah kesepahaman (MoU) untuk mengadakan pelatihan electroplating di ibukota Provinsi Sulsel tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Electroplating dari Disperindag Sulsel Andi A. Satriawan mengatakan, pelatihan electroplating (pelapisan logam) yang diberikan kepada 20 orang peserta ini demi membekali pelaku UMKM di Sulsel dengan ketrampilan praktis yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus dijadikan sumber penghasilan.

”Pasalnya, peluang bisnis electroplating di Sulsel ini cukup besar mengingat pelaku usaha seperti ini masih terbatas. Dengan demikian, peserta pelatihan dari luar Makassar bisa mengembangkan usaha ini di daerahnya masing-masing,” terang Andi Satriawan.

Dalam pelatihan tersebut, tim dari Tristar Institute mempraktikkan cara nge-krom kunci busi. Untuk proses plating verchrome kunci busi tersebut hanya membutuhkan waktu lima menit, sedangkan proses vernickel dudukan shockabsorber waktunya sekitar 15 menitan.

Kehidupan masyarakat modern tidak bisa terlepas dari benda-benda yang dibuat dengan proses elektroplating. Komponen dan aksesori kendaraan bermotor, aksesori mebel, kursi lipat, berbagai alat perkantoran, alat-alat pertanian, jam tangan, aksesori rumah tangga, dan berbagai alat-alat industri dilakukan  pengerjaan akhir melalui proses elektroplating.

Elektroplating ditujukan untuk berbagai keperluan mulai dari perlindungan terhadap karat seperti  pada  pelapisan seng pada besi baja yang digunakan untuk berbagai keperluan bahan bangunan dan konstruksi. Pelapisan nikel dan krom umumnya ditujukan untuk menjadikan benda mempunyai permukaan lebih keras dan mengkilap selain juga sebagai perlindungan terhadap korosi.

Elektroplating (electroplating) atau lapis listrik atau penyepuhan merupakan salah satu proses  pelapisan bahan padat dengan lapisan logam menggunakan bantuan arus listrik melalui suatu elektrolit. Benda yang dilakukan pelapisan harus merupakan konduktor atau dapat menghantarkan arus listrik.

Masyarakat umum lebih mengenal istilah-istilah veerzinc, veernickel, veerchrom untuk pelapisan seng, nikel maupun krom daripada istilah elektroplating, sehingga bila kita membicarakan hal elektroplating masih banyak yang belum memahami dengan jelas. Sedangkan istilah baku yang dipakai untuk elektroplating adalah lapis listrik.

Selain elektroplating, pelapisan atau deposisi logam pada benda dapat dilakukan melalui pengendapan kimia yang dikenal sebagai electrolessplating atau electrolessdeposition. Pengendapan ini tidak memerlukan bantuan arus listrik, namun melalui reaksi kimia berdasarkan beda potensial. Berbagai cara pelapisan bahan padat lainnya dengan logam dilakukan dengan pencelupan pada logam cair yang dikenal sebagai hot-dipping, pengendapan logam dari fase uap ke fase padat menggunakan proses chemical vapour deposition (CVD).

Elektroplating emas biasanya lebih umum dikenal dengan istilah “penyepuhan”. Artinya tua sehingga barang-barang yang dilapisi emas seolah-olah mirip dengan emas murni meskipun sebenarnya benda tersebut hanya dilapisi beberapa mikron dengan emas. Penyepuhan banyak diterapkan pada barang-barang kerajinan maupun perhiasan.

Electroforming merupakan bentuk lain dari elektroplating, yaitu pelapisan pada suatu benda model untuk menghasilkan barang dengan bentuk tertentu. Hasil plating akan dilepas dari benda modelnya, dengan cara ini dapat dibuat aneka bentuk barang logam sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Pelapisan pada bahan non konduktif seperti kayu, kaca, plastik banyak juga diterapkan. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal dan memerlukan ketelitian dan kehalusan tinggi yaitu plating emas pada bahan keramik bentuk piringan untuk cindera mata. Beberapa jenis plastik yang dapat dibuat untuk menghantarkan arus seperti ABS, selanjutnya dapat dilapisi logam untuk keperluan dekoratif.

Industri yang bergerak dalam bidang elektroplating dapat dijumpai pada industri manufaktur kendaraan  bermotor, traktor, peralatan elektronik, percetakan, kerajinan logam-kuningan, kran air, aksesoris mebel, dan juga industri jasa penyepuhan emas maupun jasa plating komponen kendaraan bermotor.

Usaha industri elektroplating dapat dilakukan dari skala mikro, kecil, menengah sampai dengan skala besar, sehingga peluang usaha yang cukup luas dapat dilakukan berbagai kalangan. Jasa penyepusahan emas merupakan salah satu usaha yang mempunyai prospek cukup bagus dengan modal usaha rendah. Jasa plating krom bagi kendaraan bermotor dan mobil dapat dilakukan dengan skala kecil dan menengah. Skala industri besar diarahkan untuk sektor produksi seperti kursi, tanki penyemprot air untuk pertanian, suku cadang kendaraan bermotor dan mobil, dan kereta api.

Industri elektroplating yang dapat dikembangakan dan telah banyak diterapkan di industri meliputi:

Industri laping seng (galvanizing)
Industri lapis tembaga
Industri lapis nikel

Industri lapis krom keras (hard chrome)
Industri lapis krom dekoratif
Industri lapis kuningan
Industri lapis perak
Industri lapis emas

Isu lingkungan yang menuntut penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, mengarahkan  pengembangan produk dengan limbah sekecil mungkin. Penerapan produksi bersih dapat meningkatan efisiensi dan produktivitas dengan prinsip pencegahan (elimination), pengurangan (reduce), pakai ulang (reuse), daur ulang (recycle) dan pungut ulang (recovery) bahan-bahan yang dipakai pada industri elektroplating.

Anda tertarik buka usaha electroplating sendiri, siapkan modal minimal Rp 20 jutaan. Budget sebesar itu antara lain untuk pengadaan peralatan dan bahan seperti rectifier (adaptor) 100 A (untuk skala usaha home industry), heater (pemanas) berkekuatan 500 Watt, bahan-bahan kimia seperti larutan nickel, larutan chrome, gerindra poles, dan sebagainya.

Kalau Anda tinggal di Makassar atau luar pulau, pengiriman barang pesanan dikenakan biaya pengapalan Rp 500 ribuan dan pengganti biaya pembuatan pallet kayu untuk mengemasan alat dan bahan kimianya di-charge Rp 200 ribuan. (ahn)

Info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Ø Ruko Royal Serpong Serpong Village (WTC – Matahari)

Jl. Raya Boulevard No. 802 & 901 Serpong - Tangerang
Telp 0813 1823 0199 ; 0812 3107 1701 ; 0856 9377 4515 ; 021-53155487
atau Pin 2AEB02F6

Ø Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-33 Serpong – Tangerang

Telp 021-53151389

Ø Kursus Wirausaha Surabaya

- Perm. Prapen Indah Blok J5 Surabaya
- Raya Rungkut Mapan Blok FA 3
- Ruko Panjang Jiwo Permai, Blok AB
Telp: 031-8438839, 081234506352, 085731051010
Pin BB : 539A64B6
WA : 081234506352

Website: www.kursustristar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar